Pages

Rabu, 10 Juni 2015

Nama-nama Tanaman Hias beserta nama latinnya

1. Bunga Alamanda

Allamanda cathartica adalah tanaman hias yang umum disebut sebagai terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup. Bunga alamanda berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan dan banyak ditemukan di Brazil di mana bunga ini umum digunakan sebagai hiasan karena bentuknya yang indah.




2. Bunga Adenium

Adenium obasum atau Kamboja Jepang  Adenium berasal dari Asia Barat dan Afrika berasal dari daerah gurun pasir yang kering, dari daratan asia barat sampai afrika.

Sebutannya disana adalah Mawar Padang Pasir (desert rose). Karena berasal dari daerah kering, tanaman ini tumbuh lebih baik pada kondisi media yang kering dibanding terlalu basah. Disebut sebagai adenium, tanaman ini dinamakan adenium karena salah satu tempat asal adenium adalah daerah Aden (Ibukota Yaman).

3. Bunga Asoka

Pohonnya akan mengeluarkan harum pada malam hari di bulan April dan Mei setiap tahunnya.
Pohon tanaman ini sering diasosiasikan dengan cinta dan kesucian. Di Indonesia, dikenal dua jenis bunga asoka, yakni pohon asoka yang tumbuh menjulang tinggi tanpa ranting atau disebut juga glodokan tiang (Polyalthia Longifolia) dan asoka biasa (Polyalthia sp.) yang memiliki ranting dan berdaun runcing. Orang-orang Eropa sering menyebut tanaman ini Flame of the Wood atau api dari hutan karena warna bunganya yang cerah serta mencolok layaknya api.

3. Bunga Anyelir

Anyelir, atau disebut juga bunga teluki dan dikenal dalam bahasa Inggris sebagai carnation, mempunyai nama ilmiah Dianthus caryophyllus adalah tanaman hias pekarangan dan pot yang populer. Tanaman ini berasal dari kawasan Mediterania. Bunga anyelir memiliki warna yang terang dan berwarna-warni, sehingga sering digunakan sebagai hiasan. Ada dua jenis tanaman anyelir yaitu jenis satu bunga bagi setiap tangkai dan jenis `spray', banyak bunga bagi setiap tangkai.

4. Bunga Bougenvile

Bugenvil; nama ilmiah: Bougainvillea, terutama Bougaivillea glabra merupakan tanaman hias populer. Tanaman yang mempunyai bagian tanaman yang berwarna-warni ini berasal dari Amerika Selatan.Bougainvillea disebut tanaman bunga kertas karena bentuk seludang bunganya yang tipis dan mempunyai ciri – ciri seperti kertas.



5. Bunga Lily (Bakung)
Lily: Lilium regale Kawasan tumbuh bakung meliputi sebagian besar Eropa, sebagian besar Asia sampai Jepang, ke selatan yaitu India, ke Indocina dan ke Filipina. Tanaman ini bisa menyesuaikan diri dengan habitat hutan, seringkali pegunungan, dan kadang-kadang habitat rerumputan. Beberapa mampu hidup di rawa. Pada umumnya tanaman ini lebih cocok tinggal di habitat dengan tanah yang mengandung kadar asam seimbang.

2 komentar:

  1. kebetulan ada tugas buat namain tanaman hias dalam bahasa latinnya, terimakasih postingan ini membantu :)

    BalasHapus
  2. makasih infonya mengenainama-nama tanaman hias serta nama latinnya, lumayan untuk menambah referensi tugas :)

    BalasHapus